Selasa, 24 Februari 2015

Mantar, Sebuah Desa yang Bersahaja

Sejujurnya gw gak ada niatan buat ke Sumbawa. Tapi nasib berkata lain, pertemuan antara gw, Fahmi, dan Dioz mengantarkan gw berpetualang di Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Disini pula gw bertemu dengan orang-orang baru, mereka sangat ramah dan gw merasa menemukan keluarga baru yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan, di Malluk Sumbawa Barat.
View dari atas Mantar
Tujuan gw selanjutnya adalah Mantar, Mantar sangat asing sebenarnya di telinga gw. Mantar sendiri adalah lokasi utama syuting film Serdadu Kumbang, film yang belum gw tonton saat itu dan Dioz meyakinkan kalo di Mantar sangat indah.
Jam 04.30 subuh gw udah bangun, rencana ke Mantar jam 06.00 sudah brangkat dari Malluk, gw langsung solat dan mandi, sementara Fahmi abis solat tidur lagi. Kiriiikk....kiriiikk gw bengong mau ngapain, jam 06.00 di luar blm ada kehidupan.
Jam 06.30 gw branikan diri ketok kamar Dioz dan dia masih tidur, ohmaygaaat!!! janjinya jam 06.00 udah brangkat loh ternyata dia masih enak tidur. Dan ujung-ujungnya jam 7 lewat baru kita berangkat dari Malluk. Formasi ke Malluk adalah seperti biasa, pasti sudah bisa nebak, gw sama Fahmi. sebenernya gw pengen ngajakin Raline Syach tapi apalah daya Fahmi yang harus semotor sama gw. Sedangkan Dioz sama Fste, gw penasaran kenapa orang-orang manggil dia Fste, usut punya usut, dia dulu putih kulitnya mirip korea itu yang maen meteor garden, tapi dulu yah! kalo sekarang gw malah liat dia serem, sumpah orang yang  gw waspadai pertama kali ke Malluk ya Fste, tapi setelah kenal dia baik banget dan kocak. Fahmi dengan gagahnya ngebonceng gw pake matic nya, sementara Dioz bonceng fste dengan motor bebeknya. Hmmmmm ngomongin masalah motor, mas Samsul menyangsikan kalo kita bisa ke Mantar dengan motor yang kita bawa, karena biasanya naik motor trill katanya. Gw sih ga paham medan jadi cuek aja, lagian Fahmi ini yang bawa motornya. Dan Dioz juga bilang kita coba aja, ya udiin brangkat deh kita.
Menikmati makan  bersama keluarga baru
Malluk ke taliwang di tempuh dengan waktu 2 jam, sepanjang jalan kita di suguhi pemandangan hijau bercampur cokelat karena saat itu musim kemarau. Kontur jalan yang naik turun kelok khas pegunungan, membuat kita harus waspada karena jalannya tidak luas hanya pas untuk 2 mobil saja. Satu hal lagi yang perlu di ketahui, di Sumbawa binatang ternak sperti sapi di lepas begitu saja, sehingga bisa saja sapi itu suka-suka nyebrang, atau berenti di tengah jalan atau malah sering nya buang kotoran. Seperti pagi ini kita di hadang segerombolan sapi, ngeri gak sih? Kalo di Lampung di hadang perampok di sini sapi yang menghadang. Alhasil karena sapi gak ngerti maksud dan tujuan kita, kita klakson pun dia cuek aja, gw maju buat berbicara sama sapi-sapi itu,
"Hey sapi bisa kah kamu jangan menghalangi jalan, saya mau lewat" sapi pun jawab "bisa aja sih asal kamu janji tidak minum susuku lagi" #tolong abaikan.
Selain sapi anjingpun banyak berkeliaran di sini, jadi gw yang punya otak agak mendingan, harus hati-hati, bisa aja sapi atau anjing nyebrang saat kita melintas. jleeebbb gak lucu kan di koran ada judul sang traveller kecelakaan tabrakan dengan sapi #end.

Sarapan  di piggir Jalan
Melewati Taliwang kemudian berbelok ke kiri, jalanan berubah drastis dari yang aspal mulus, semulus pipinya dewi sandra, berubah menjadi jalan batuan besar menanjak dan berdebu khas pegunungan. Kemudian kita menepi untuk sarapan. Saat seperti ini makan di pinggir jalanpun berasa di restoran mewah. sangat nikmat dan kenyang "yailah kenyang kan makan nasi". Selesai sarapan lanjut perjalanan dengan jalan yang semakin hancur parah, tanjakan dan turunan membuat gw lumayan snewen, ternyata di boncengin lebih horor daripada bawa motor. Sampai di perkampungan kita belanja di warung seperlunya. info Dioz sepanjang perjalanan gak ada warung.
Jalan naik ke Mantar
Setelah melewati perkampungan jalan berikutnya bukan batu, tapi tanah bercampur kerikil. Jalan hancur bercampur debu membuat suasana jadi semakin horor. Saat turunan curam gw turun dari motor dari pada nyungsep. Fahmi malah teriak-teriak minta tolong gara-gara gw tinggal jalan kaki, sumpah gw pengen ngakak sebenernya, cuma gw tau dia lagi kesel jadi gw tahan tawa ampe kembung. Sebenarnya dalam perjalanan Mantar ini gw mengandalkan Fahmi. Tapi gw salah, Fahmi malah nyerah dan mau gak mau gw yg bawa motor, selama bawa motor aja dia suka teriak-teriak sendiri gak jelas. Gw jadi ikutan parno, sumpah gw gak brani awalnya bawa motor ngeliat jalan yang bikin meringis, bener kata mas Samsul ini jalan nya cocok buat motor trill bukan matic.
Foto ditengah Perjalanan
Sumpah pake banget perjalanan ini nyiksa, gw itu naik gunung loh, iya naik gunung pake motor matic. Beberapa kali motor harus di dorong karena amblas, gw sampe harus tuntun tuh motor sambil di gas, tiba-tiba gedubrak!!!! Dioz di belakang gw jatoh, maygaaat!! gw bengong aja liatin dia. Fahmi sama Fste yang nolongin, motorpun berpindah ke tangan Fste. Belum ada 5menit gedubrak!!!!!, gw liat Fste jatoh, sumpah pengen ngakak gw apalagi Fste langsung merangkak ke pinggir sambil bilang gelap-gelap haha.
Perjalanan selanjutnya tambah gak karuan, jalan makin sempit dan motor sering amblas karena jalan yang hancur. Gw sama Fste sempet jalan kaki lumayan jauh dan lewat ladang warga, jantung gw mau copot pas banyak anjing yang menggonggong dan mendekat, gw tanya sama Fste "anjingnya gak gigit kan?" Fste dengan santai jawab "yah gigit lah kalo kita lari" alhasil gw jalan beriringan sama Fste jangan sampe dia lari terus gw ikutan lari dan gw yang di gigit anjing.
Kitapun bertemu di persimpangan, gw langsung naik motor karena jalan nya sudah bagus walau tetep tanah berdebu, kata Fste tikungan sekali lagi sampai, dan itu cukup membuat gw girang, pengen lompat-lompat di atas motor cuma gw takut jatoh.
Fste setelah jatoh
"Ketika berkunjung ke suatu tempat usahakanlah untuk berbaur dengan masyarakatnya". Prinsip itulah yang selalu gw pegang, jadi kita sempat ngobrol sama warga dan foto-foto tentunya, mereka senang banget loh di ajakin foto. Jadi ikutan seneng deh gw. Berjalan beberapa meter kita melihat rumah yang dipakai buat syuting film Serdadu Kumbang itu. Berbincang juga dengan ibu-ibu yang sedang berkumpul di teras tangga rumahnya. Beginilah suasana pedesaan.
Foto dan Berbaur dengan warga lokal
Ada yang unik di sini, di beberapa rumah ada antena yang di berdirikan dengan bambu. Bukan... Itu bukan antena TV tapi itu antena sinyal HP, jadi kalu punya Hp dan pengen dapet sinyal ya pasang antena, itu pun cma dapet sinyal di dalem rumah saja. Gw masih penasaran sistem kerjanya tapi gw harus explore sisi lain Mantar, maka gw kubur rasa penasaran itu.

Antena sinyal Hp
September adalah musim kemarau, ladang-ladang di Mantar sangat kering karena tak ada sumber air yang bisa di alirkan ke ladang. Jadi motor bisa kita pake untuk menuju keindahan lain dari Mantar, jalan sempit galengan sawah lumayan merepotkan , kadang motor harus kita angkat untuk naik galengan. Fahmi Yang bawa motor sementara saya turun, sumpah horor dia bawa motor suka teriak-teriak gak jelas, sampe-sampe ban motor mau lindas kotoran kuda aja dia teriak padahal kan yang bawa motornya dia sendiri "(-_-).
Sampailah kita di ujung mantar, sungguh pemandangan sangat indah. Daratan dan lautan terbentang membuat landscape yang sangat mengagumkan. Makan siangpun sangat nikmat di temani suasana yang mempesona. Setelah makan siang dan pindah-pindah spot tempat syuting serdadu kumbang untuk di abadikan dalam foto, kitapun memutuskan untuk turun.
Formasi lengkap di atas Mantar
Karena penasaran gw tanya-tanya sama warga ada jalan lain tidak untuk turun, dan dugaan gw bener ada jalan satu lagi selain jalan yang kita lewati pas naik, pantesan sepanjang jalan gak nemu orang lain yang lewat selain kita. Oke fix kita ambil jalan lain itu ( bukan dunia lain yah ). Katanya jalan ini lebih cepat sampai, awalnya sih mental gw udah teruji dengan jalan naik itu, ternyata jalan pulang nya lebih extreme. Sumpah gw gemeteran, tangan gw kaku liat jalan yang harus dilewati, jalan nya ancur pake banget, banyak batu-batu besar di selingi tanah yang labil. Batu kecil, kerikil dan tanah menjadi satu kesatuan yang membuat motor gw kalo di rem malah ban nya licin melorot, kalo gak di rem tambah bablas, alhasil gw pake kaki buat rem nya, tangan gw ampe merah nahan stang motor.
Sementara Fahmi lebih memilih turun, gw juga gak mau nyungsep gara-gara Fahmi masih gw boncengin. Sampe di turunan yang curam gw liat Dioz terduduk, gw pikir dia lagi istirahat, ternyata habis jatoh nyungsep, motornya terbang berasa punya sayap. Beberapa bagian motor bengkok, dan cukup menambah gw semakin gemeteran. Selanjutnya motor yang bawa Fste, Dioz berjalan dengan kaki yang pincang, sementara Fste banyak luka d kakinya. Lama sekali perasaan jalan turun ini membuat gw hampir frustasi.
Foto bareng kuda Sembrani
Dengan segala kemampuan, harapan dan doa akhirnya kita sampai juga di bawah gunung di perkampungan. Tiba-tiba Fahmi narik tangan gw dan spontan narik gas motor, hampir gw jatoh gara-gara kaget. Ampun deh Fahmi ini hampir gw emosi, ternyata gara- gara ada anjing menggonggong dan mau ngejar kita, makana Fahmi panik dan teriak-teriak gak jelas (-_-”).
Kitapun istirahat di sebuah warung, ngobrol-ngobrol sama yang jualan katanya dia aja belum pernah ke atas Mantar. What????? Orang situ yang rumahnya di bawah gunungnya aja belum pernah ke atas? Sementara gw??? Gw keren dong yah pastinya hehe.
Dioz jatuh dan tertimpa motor
Setelah di rasa cukup istirahat kita melanjutkan perjalanan ke Malluk tapi sebelumnya mampir dulu di rumahnya Rahma, yesss ini kali ke dua gw makan gratis di rumah Rahma, ueenaakk masakan nya, atau mungkin gw lagi lelah dan kelaparan haha. Abis makan ngobrol-ngobrol bentar lalu pamit untuk kembali ke Malluk. Sampai di Malluk gw mandi dan langsung rebah, tapi ngobrol-ngobrol bentar sih buat cerita keseruan dan kejadian di perjalanan. Hari itu di tutup dengan tidur pulas dan nyaman.

3 komentar:

  1. Wah seru oooii....
    Kapan lagi trip ke Sumbawa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen banget bang jhony buat mengulang, pengen juga nyebrang sampe ke komodo dan sekitarnya, pengen juga ke rinjai dan kenawa, ah kebanyakan kepengen haha

      Hapus
  2. What is the difference between a casino and sportsbook
    There are various types of bonuses available for 토토 싸이트 slots, roulette, 베픽 and table 키노 사다리 games. There is also a 파워 볼 가족 방 “bonus 먹튀 폴리스 system” where players receive

    BalasHapus