Rabu, 21 Oktober 2015

Warebo, Kearifan Lokal yang diakui Dunia

Pertama kali gw lihat Waerebo dari sebuah poto di kalender, sebuah desa yang dikelilingi indahnya hijau pegunungan jauh dari hingar bingar kota dan mempertahankan adat istiadat yang tak legam dimakan zaman tergerus moderenitas yang semakin menggila, lagi dan lagi pikiran liar kembali muncul untuk segara datang kesana tapi entah kapan yang pasti dalam hati selalu bilang pasti akan kesana, obrolan liar muncul waktu gw chating sama Tinae berawal tawaran untuk sailling dengan harga yang murah berlanjut ke Waerebo, gw pikir-pikir mumpung udah jauh ke Flores kenapa gak sekalian ke Waerebo aja, dan Tinae bilang bisa saja habis sailling lanjut ke Waerebo, gw pun mengiyakan tanpa pikir panjang lagi.
Mbaru Niang, Take foto dari Perpustakaan
Selesai sailling dan sampe di Labuan Bajo kita di kasih tau kalo mobil Elf yang akan mengantar ke Waerebo sudah siap, kita minta waktu untuk mandi dulu karena beberapa hari gak mandi air tawar dan badan lumayan lengket, mandinya gantian cewek-cewek dulu jadi lama banget, tiba-tiba telpon bunyi Dea nama yang muncul di layar, gw langsung angkat dan Dea bilang kalau kita di suruh mampir ke rumah om nya untuk makan siang soalnya udah di masakin, sekalian gw bilang mau numpang mandi dan Dea bilang okeh bisa, dan kita yang cowok bakalan mandi di rumah om nya Dea "gratiiis". Semua barang sudah di packing saat kabar itu datang, membuat gw gregetan dan galau sebuah kabar memberitahukan kalau air di rumah om nya Dea habis lagi keriiing, tetoooot berasa pengen bantingin diri di kasur saking shock nya denger kabar itu *lebay*.
Tas semua di tata di mobil, gw mikir-mikir lagi apa ada kesempatan buat mandi dan Pur ngasih tau kalau bisa mandi di toilet 1 dirigen air harganya 3000, gw langsung memutuskan buat mandi dan si Fariz ikut, okeh ritual mandi bareng di mulai gw sama Fariz mandi dengan kecepatan cahaya, saling membelakangi pastinya biar tidak ada aib di antara kita haha, gak butuh wkt lama kok cukup 15 menit gw udah di mobil lagi dan siap-siap meluncur ke rumah Dea.
Foto Keluarga
Nyampe rumah langsung menyantap Ikan bakar dan ayam bakar yang lezat, gw kadang mikir kenapa yang gratis-gratis itu rasanya enak berlipa-lipat daripada yang bayar yah?, ini beneran enak banget loh sumpah bukan karena gratisnya gw bilang enak tapi aslinya emang enak banget, gw nebaknya pas masak semua kasih sayang di curahkan jadi rasanya bukan cuma di lidah tapi dihati *abaikan*.
Selesai makan di iringi dengan rasa hormat dan terimakasih pada tuan rumah kita langsung minggat, mobil pun mulai menyusuri jalanan Labuan Bajo yang di aspal mulus menuju Waerebo, sampe di persimpangan dan belok kanan jalan berubah seperti naik rolercoster, jalan nya sempit banget gaeess, belokan nya tajam bin curam dan bergelombang lompat-lompat di dalem mobil, Ac dimatiin sama sopir sedangkan jendela gak bisa di buka karena di lem, komplit banget kan? pengen banget gw nimpuk tuh sopir, udah di sindir-sindir pura-pura gak denger gw bayar loh yah mahal lagi *mulai emosi*, kok gw kaya di permainkan gini, sama sopir travel lagi, kalo sama Raline syach sih gw ikhlas.

tik..tok..tik..tok... udah jam 22.00 ketika mobil sampe di persawahan dan dari kejauhan terlihat seperti sebuah penginapan, dan yang bikin merinding suasana nya sepi hanya suara jangkrik dan genset meraung-raung kepanasan, lebih horor lagi sopirnya ilang.. hah ilang???? iya ilang gak tau kemana, dia meninggalkan mobilnya begitu saja, gw curiga dia ngambek gara-gara di sindir mulu.
Gaktau dari mana juntrungan nya sopir itu muncul dari kegelapan, gak pake asep kabut kaya film horor-horor gitu sih tapi yah emang udah horor suasananya, dia ngasih tau kalo mendingan kita tidur dipenginapan aja jangan di mobil, (rencana awal memang kita akan tidur di mobil jam 03.00 baru mulai treking).
Eiiiitsssss tunggu dulu jangan maen nginep-nginep aje, masalahnya 1 orang itu bayarnya 200.000 gaeess 1 orang loh bukan satu kamar jadi kalo dipikir-pikir mobil 200.000+masuk Waerebo 200.000 udah 400.000 apalagi di tambah nginep 200.000,jadi untuk Waerebo aja harus ngeluarin uang 600.000 maygaaaatts.
Ajaibnya kita nginep di situ gratis, kok bisa? gw langsung antusias banget, ternyata....... mau tau bisa gratis kenapa? si sopir bilang sama istrinya pak Markus (yang punya penginapan) kalau kita ini Mahasiswa dan mau tidur di mobil, karena istrinya Pak Markus itu orang baik pake banget dan kamar ada yang kosong kita disuruh tidur di penginapan gratiisss tiss tisss, hebatnya lagi kita di siapin makan yang sangat lezat bayarnya? gratiisssss *sambil teriak*. Yang harus di catet malam itu kita semua berganti status menjadi Mahasiswa kecuali Tante Lynda yang  deklarasikan bahwa dia bukan Mahasiswa tapi temennya Mahasiswa *noted*.
Langga dengan Background Mbaru Niang (Rumah Adat Waerebo)
Selesai makan gw langsung ke kamar yang sudah di judge sebagai tempat tidur gw ada 6 orang cowok di bagi 2 kamar dan 1 kamar ada 3 kasur, busyeeeet kasurnya rapih dan empuk cooooooy kaya langsung melambai-lambai minta di tiduri sampe anu *abaikan. Diberanda ada 2 orang bapak-bapak yang setelah dapet wangsit (*baca : ngobrol) kalau mereka sopir travel juga tamu nya bermalam di Waerebo, mereka bilang kalo keluarga pak Markus ini sangat baik, iya emang baik sampe gratisin kita makan dan penginapan, Gw yakin Langga sudah dialam bawah sadarnya terbukti dengan suara dengkuran yang merdu, sementara gw,  Fariz masih ngobrol sama Pak Tono dan Pak Eman sambil menikmati malam yang dingin padahal pengen banget gw tidur udah capek dan ngantuk. Obrolan di lanjutkan tentang kenapa Waerebo itu mahal banget biyayanya kalao gak nginep 200.000 kalo nginep 350.000 dan biaya adat 50.000 per grup, Pak Tono ngasih tau sebuah trik, mungkin karena kasihan lihat tampang Mahasiswa yang tampan dan keceh kaya gw ini *abaikan*, dia bilang kalo kalian ada 9 orang suruh 1 orang jadi Guide 1 orang jadi driver jd 2 orang bisa grtais. untungnya ada Tinae yg bisa di jadikan Guide dan terus driver? Pur andalannya, padahal saat seperti ini berharap Dea ikut jadi kita bagi 2 grup jadi bisa hemat 800.000, Dea Guidenya drivernya siapa aja bisa, gw mau nunjuk topik buat jadi guide tapi kok dia lebih mirip turis dari India haha.
Maaf kalau Fotonya tidak sesuai sama alur cerita :D
Jam 03.30 saat suara teriakan dan ketokan terdengar di balik pintu, cewek-cewek udah siap gw masih ngantuk banget secara tidur paling malem, mau gak mau harus bangun dan PR selanjutnya  nyari driver untuk nganter ke desa terakhir sebelum treking, Driver ditemukan dalam keadaan sehat di loteng kamar mandi, memang aneh kan ada kamar malah tidur di loteng haha. Mobil melaju dengan pelan gw masih sempetin tidur dan beberapa lama sudah sampe lalu mulai treking. Jalannya batu-batu besar di awal makin jauh jalan batu berganti jalan tanah, jam 05.30 kita sampai di sungai yang airnya jernih banget bisa langsung diminum katanya, istirahat sejenak dan lanjut perjalanan.
Pernah ke kawah ijen? kalau pernah berarti loe udah punya bayangan bagaimana treking Waerebo, jalan nya gak terlalu terjal nanjak landai jadi tidak usah khawatir tinggal atur napas dan langkah saja. Tante Lynda sebagai tokoh sentral dalam pendakian ini sangat luar biasa, sampai susah payah lelah dan pucet mukanya, semoga bukan akting yah tante *dikeplak*. Sementara  Tinae uncrus di depan, Langga inocent, Rizka sumringah, om Ibenk cengar cengir, Pur woles, dan Fariz sibuk foto.
Om Ibenk lagi jadi Guru
Jam 08.00 gw udah nyampe Waerebo, berasa gak percaya akhirnya gw bisa berada di sana, rumah-rumah kerucut yang besar, anggun dan sangat mempesona. Udara yang sejuk dan segar menambah suasana menjadi nikmat, lalu kita di suruh masuk rumah yang paling besar disana akan ada upacar penyambutan, selesai upacara doa-doa ketua adatnya bilang kita sudah jadi warga Waerebo jadi silahkan mau poto-poto sepuasnya, keliling-keling juga boleh asal jangan bakar rumahnya bisa di gantung idup-idup nanti.
diantara rumah-rumah itu ada 1 yang khusus buat menginap tamu, disana gw ketemu Vendy dan Agung orang yang gw pinjem benderanya waktu di Padar, mereka sudah mau turun dan melanjutkan ke Bena dan Kelimutu.
Gw masuk ke rumah itu ternyata luas banget gaees, dan kalo tidur di sana itu membentuk lingkaran jadi lama-lama kalo banyak orang jadi kaya jaring laba-laba. Di dalam juga kita di berikan minuman selamat datang tinggal pilih mau kopi atau teh, suasana yang dingin beranjak hangat di temani secangkir kopi hitam khas Waerebo, rencananya kita bentar aja di sini tapi ternyata jadi lama gara-gara kita di masakin dulu, pengen gw makan mentah-mentah biar cepet aja turun tapi pasti gak enak rasanya, jadi gw milih menunggu sampe mateng masakannya, padahal diwanti-wanti sama sopirnya jam 12.00 kita harus sudah sampai bawah biar temen-temen yang mau lanjut ke Bena gak kemalaman dan tidak ada mobil.
Om Ibenk dan Rizka bermain bersama anak-anak
Sambil nunggu masakan mateng, kita bisa main bersama anak-anak, siap-siap aja bawa permen untuk bujuk mereka mau di foto atau di ajak main, entah siapa yang mulai tradisi itu, jadi mereka nagih permen dulu kalo gak ada pada gak mau di ajak foto, Om Ibenk bagi-bagi buku buat mereka dan ngajarin mereka permainan sambil nyanyi-nyanyi dengan Rizka juga.
Teng..teng.. makanan sudah siap, makannya sih cepet yah gak ada setengah jam langsung pamit, tapi tetep perjalanan pulang jadi lama karena harus poto-poto dulu, banyakin poto gaeess mahal banget soalnya 500.000 sendiri buat kesini.
Jalan turun lebih cepet tapi perjanjian nya gak ada yang boleh nyalip tante Lynda kalo gak mau di cap ponakan durhaka, cukup Langga dan Tinae yang dicap Ponakan durhaka, kalo cap buat gw udah dicabut gara-gara nuntun tante turun dari gili lawa hehe.
Tante udah kueseeel keliatan dari mukanya, kenapa kesel? gak nyampe-nyampe dan kalau nanya sama kita pasti di jawab bentar lagi haha.
jam 14.00 kita semua sudah nyampe bawah dan langsung naik mobil, muka sopirnya kecuuut soalnya kita terlambat banget sampe bawah lanjut mampir ke penginapan buat makan, gratis??? kagaaakk kalo yang ini bayar gaeess berapa??? 500.000an untuk porsi makan 9 orang, jadi kalo mau lebih hemat bawa mie aja gaes kamu isi air mie nya terus di jemur kalo dah ngembang makan, tapi inget plastiknya dibuang :D.
Gw pas pulang duduk di depan soalnya kalo di belakang panas buanget, jalan nya serem gaeess sempit banget kelok-kelok dan berpapasan dengan truk, kurang serem? loe harus liat kanan atau kirinya jurang gaees terus pas belokan gak ada pagar pembatas kalo sampe bablas pasti pluuung, nyemplung deh.
Harus siapin permen kalu mau foto sama mereka
Langit sudah mulai gelap ketika mobil sampai di persimpangan, was-was takut gak ada mobil yang nganter merka ke Ruteng. Alhamdulillah ada mobil berhenti saat kita stop, langsung turunin barang karena Tinae, Tante Lynda, Om Ibenk dan Fariz ke Ruteng sementara gw, Langga, Topik, Rizka dan Pur ke Labuan Bajo.
Gak tau kenapa suasananya sangat haru, padahal udah sering kita ngetrip dan berpisah lagi tapi malam itu suasanya beda, gw kaya gak mau pisah sama mereka rasanya kebersamaan dengan mereka masih kurang, pengen nya sih gw juga ikut sampe Kelimutu tapi waktu tidak memungkinkan.
Mobil melaju dengan cepat jalan berkelok dan tikungan tajam berhasil membuat Topik muntah-muntah dan lemes, jam 22.00 akhirnya kita sampai di Bajo Sunset Hostel setelah drama menegangkan karena susah mencari Hostel yang letaknya agak kedalam, sopirnya ngomel-ngomel gak jelas gaess untung gw punya stok sabar kalo gak? udah gw tendang sopirnya terus gw yang nyopir, nyampe mana???? Rumah sakit pastinya haha.
Besoknya pagi-pagi kita di antar mobil dari Hostel dengan biyaya 50.000 ke Bandara dan Flight ke Bali kemudian lanjut ke masing-masing kota asal.


8 komentar:

  1. kecehhhh banget kak, mau donk ikut trip ke labuan bajo lagi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kakak, tapi gili labak aja dulu yuk :D

      Hapus
  2. gili labak capcuss kak, yuk *eh

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. dari lahir aku memang udah keren kakak, wkwkwk

      Hapus
  4. Play Coin Casino - BoagCasino
    Coin Casino, which offers some of the best ์นด์ง€๋…ธ์‚ฌ์ดํŠธ online gaming ์ฝ”์ธ์นด์ง€๋…ธ and slot games in the market, has ใ‚ซใ‚ธใƒŽ ใ‚ทใƒผใ‚ฏใƒฌใƒƒใƒˆ taken its slot games to the next level.

    BalasHapus