Selasa, 24 Februari 2015

Kenawa, Sepotong Surga di Nusa Tenggara Barat

Pagi itu 12 september 2014, gw udah bangun jam setengah lima subuh, kesepakatan antara gw, Fahmi dan Dioz jam 06.00 paling siang kita sudah berangkat dari Mataram menuju Pelabuhan Kayangan. Sementara gw nginep di Wisma Nusantara II dengan tarif permalam 80.000, tapiii gw gratis dong gak harus bayar soalnya kata Dioz ada jatah nginep di situ, lumayan kan ngirit hehe. Tempatnya lumayan rapih dan bersih walau gw harus seranjang sama Fahmi dan terima nasib denger bunyi giginya yang horor saat dia tidur.
Jam 06.00 gw sama Fahmi udah siap, tapi Dioz belum kelihatan stang motornya, udah gw tebak bakalan molor sih. Alhasil gw sama Fahmi bergosip ria di teras penginapan, ada juga yang jual nasi dan pernak pernik oleh-oleh, tapi gw lebih memilih nasi untuk sarapan hehe.
Jam 07.00 barulah Dioz muncul dengan seorang kawan yang belakangan gw tau namanya setelah kenalan, ya iyalah kan abis kenalan, panggil saja beliau Wawan. Langsung packing ulang dan chekout, jam 07.30 gw mulai perjalanan. Kalau tidak ada aral melintang perjalanan Mataram ke Pelabuhan Kayangan membutuhkan waktu 2jam, wuiiiihh lama juga yah. Fahmi sebagai juru mudi motor saat berangkat dari penginapan, jalanan kota yang ramai berganti jalanan agak sempit tapi padat, yang bikin gw parno yang lewat itu bis besar dan truk, ya gw menikmati aja perjalanan dengan santai, kan di boncengin. Pada suatu ketika motor menepi dan Fahmi bilang kalu dia keram. Tetooot perasaan gak enak mulai muncul.
Perahu Pak Najib yang sangat Ajiib
Yang dari awal gw khawatirin terjadi juga, gw yang harus bawa motor itu, sempet sih gw mikir ninggalin Fahmi dan gw lompat aja naik truk sampe Pelabuhan, atau gw lempar juga motornya ke truk dan gw duduk di atas motor haha. Gw harus jujur nih yah gw paling males bawa motor atau naik motor sumpah deh. Waktu dari Magelang ke Wonosobo aja gw lebih milih naik bis umum sampe desek-desekan sama orang yang udah tua, sedangkan yang lain naik motor rame-rame. Entahlah gw banyak kejadian gak ngenakin naik motor mulai nyasar di kota sendiri, motor terbang gara-gara gak sinkron kopling sama gas dan beberapa kali jatoh. Asli banget gw gemeteran deh bawa motor ini, depan tas carier 70L punya Fahmi, belakang gw boncengin Fahmi dan dia gendong tas gw 40L, dan salah satu yang bikin gw males bawa motor adalah gw orang nya kagetan, takut aja yah niatnya rem karena kaget jadi ngegas terus babalas masuk jurang, oh maygat!!!!.
Untung sih jalan nya cuma satu gak banyak belok-belok jadi gw gak bingung dan gak nyasar, soalnya mas Wawan udah jauh ninggalin gw sama Fahmi. Enak aja dia bawa motor laki lah gw bawa motor matic. Mungkin karena iba atau jengkel, karena gw lelet atau belum bisa mupon #looh, mas Wawan jalan nya ikutan pelan dan membiarkan gw yang di depan, walau ujung-ujungnya tetep aja gw di salip (-_-). Setelah melewati jalan yang panjang, berkelok, berliku, berhadapan dengan bus di salip truk, dan hampir nabrak motor lain, akhirnya gw nyampe juga di Pelabuhan Kayangan Lombok, langsung beli karcis untuk motor 27.000 dan orangnya 18.000, di sini ada dua dermaga jadi tidak harus lama-lama menunggu untuk ke Kapal.
Suasana di kapal ferry
Dengan susah payah gw masukin motor ke kapal setelah antri beberapa menit, dan langsung naik ke tangga dan cari tempat yang asyik buat santai, bangku dan beberapa meja jadi pilihan kita. Kalau lancar penyebrangan ini akan di tempuh 1,5-2 jam, kapal pun mulai melaju membelah lautan menghasilkan gelombang-gelombang, beberapa lama perjalanan gw masih merasa enjoy. Semakin lama goncangan semakin besar, brasa naik kora-kora di Dufan, Fahmi langsung hilang dari peredaran, mas Wawan pun ikutan ngilang #kira-kira mereka ngapain yah?
Alhamdulillah kapal berhasil sandar di dermaga, dan sampailah kita di pelabuhan Poto Tano, Sumbawa.
Mengarungi lautan dengan perahu Pak Najib
Sampe di pelabuhan Poto Tano langsung calling-calling pak Najib. Pak Najib ini seorang nelayan dan bisa juga kapalnya disewa untuk menyebrang ke pulau-pulau sekitar Poto Tano, gw sih lebih setuju di sebut ketingting dari pada perahu, atau gw ga bisa bedakan mana kapal,perahu atau ketingting, yang gw liat soalnya kecil banget tuh perahu, agak horor-horor gimana gitu naiknya, tambah ombaknya lagi gede, tarif sewa kapalnya 150.000 utk 4 orang. Dari Pelabuhan belok kanan 200 meter, ada desa di sebelah kiri dan ada juga gerbang tulisan Welcome Kenawa. Motor kita titipkan di rumah pak Najib dan selanjutnya gw mau gak mau naik perahu mungil milik pak Najib. Gw cuma pasrah dan banyak doa, ombaknya cuuyy ampe muncrat-muncrat ke dalem perahu, dan ternyata ada yang lebih parno dari gw, yaitu mas Wawan muka nya pucet banget. Pengen sih ketawain dia, tapi gw sendiri juga gemeteran haha.
Nemo di Kenawa
30 menit kemudian perahu menepi di sebuah pulau yang sepi, gak ada orang lain selain kita, padahal sih gw mau nya ada upacara penyambutan gitu, kan kasian gw udah perjalanan jauh. Gak muluk-muluk minta red carpet deh, cukup kelapa muda aja, kasih es dan susu, gak usah di aduk biar gw yang ngaduk sendiri.
Turun dari perahu gw di suguhi pemandangan yang sangat luar biasa indah, pasir putih yang terhampar, gradasi warna laut dari hijau bening, hijau tua, biru muda sampai biru tua, ombak yang tenang dan suasana yang tentram, jauh dari bising dan hiruk pikuk manusia. Sungguh luar biasa, ya!!!! inilah Kenawa pulau yang terkenal dengan keindahan nya itu.
Gw dan Bintang Laut
Pulau Kenawa terletak pada koordinat 116º49’58,98” BT,08º29’55,18” LS atau di sebelah utara Pelabuhan Penyeberangan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. P. Kenawa mempunyai luas 13,80 ha, panjang pantai 1,73 km dan hanya berjarak 1,63 km dari daratan P. Sumbawa. Perjalanan menuju P. Kenawa dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit dengan menggunakan speedboat dar dermaga nelayan Desa Poto Tano. Nama Kenawa diambil dari nama sejenis kayu bakau yang banyak tumbuh di P. Kenawa. ( gw copas dari dinas pariwisata Sumbawa).
Makan siang bersama
Gw liat Kenawa umumnya datar pada bagian tengahnya hingga ke timur dan berbukit di bagian barat. Hamparan pasir putih terbentang dari pantai sebelah utara ke arah timur hingga sebelah selatan. Pada bagian selatan hingga ke barat terdapat pohon mangrove, sedangkan pada ujung sebelah utara berupa tebing batu. Daratannya saat itu di tumbuhi rumput-rumput pendek berwarna hijau dan bercampur dengan abu hitam, di jelaskan sama pak Najib kalo Kenawa beberapa bulan kemarin kebakaran, jadi ilalang nya hangus menyisakan abu, tapi sekarang sudah mulai tumbuh lagi.

Bekas terjadi kebakaran dan rumput mulai tumbuh
Di Kenawa banyak saung-saung yang di buat pemerintah daerah Sumbawa, dan bekas bangunan, besi penampung air dan toilet bekas syuting film Serdadu Kumbang, bagi yang penasaran bisa lhiat film Serdadu Kumbang yang pas si Amek duduk sama kakaknya di dermaga, ya itu lah Kenawa. Gw sama yang lain nya duduk di saung, oh iya pak Najib ngajak anaknya juga sebagai Navigator. Kita makan siang bersama yang sebelumnya kita beli di warung. Selesai makan gw sama Dioz foto-foto, sementara Fahmi sama anaknya pak Najib snorkling. Gw gak kuat cuuyy panas gilak, yang ada langsung gosong gw kalo snorkling. Tapiiii oh tapiii karena iri liat yang lain snorkling akhirnya gw nyebur juga, ajiiiiiib pemandangan underwaternya keren buangeet, karang-karang nya indah, ikan nya banyak, bintang laut juga ada, betah deh gw lama-lama di sini.
Setelah puas berenang, kita pun menaiki bukit yang ada di bagian barat pulau, pemandangan sangat indah sekali dari atas bukit ini. Tak bisa lama-lama berada di atas karena jam 17.00 kita harus balik lagi ke desa Poto Tano.
Saung-saung dari kejauhan
Yakin gak yakin itu sih yang gw liat dari raut muka pak Najib, gw juga jadi degdegan ga karuan, bingung soalnya jadi nembak pak Najib atau anaknya #apadeh.
Sesuai kesepakatan bersama kita harus pulang ke Sumbawa, sumpah!!! ombaknya serem banget. Perahu mulai jalan dengan kayuhan pak Najib, sementara anaknya jadi navigator ngarahin kemana perahu maju, pas agak jauh dari daratan mesin di hidupkan tapiiiiiiii oh tapiiiiii, mesin gak hidup-hidup perahu malah belok kembali lagi ke panatai, oh maygatss.... Dugaan gw ternyata bener, gw bakal terdampar di sini. gw tanya pak Najib kenapa bisa balik lagi perahunya?, di jawab karena keberatan depan. Gubraakkk!!!, ya iyalah secara yang di depan Dioz sama Fahmi gimana gak berat badan nya besar-besar gitu (-_-), jadi kapal gak bisa belok. Formasipun berubah biar kapal seimbang.
Ini jadi percobaan yang kedua, masih dag dig dug gak karuan, tangan gw kenceng banget megang tepi perahu, dan...dan..tau kan apa yang terjadi?, yesss perahu melaju dengan terombang ambing ombak. mampus gw gak ada pelampung dalam batin, ombak super ganas perahu kecil, gw pegangan erat, beberapa kali merem, gw liat mas Wawan juga sama pucet mukanya. Gw ga berani mangap karena air laut langsung masuk mulut saking nyipratnya. Dan air laut masuk ke perahu, gw nyoba selametin tas gw yg isinya banyak barang elektronik. Setelah 30 menit terombang ambing, akhirnya perahu bisa menepi dan pemandangan sore itu sangat indah, matahari tenggelam dengan menyisakan semburat jingga, angin bertiup dengan syahdunya dan ombak memecah dengan merdunya.
View dari atas bukit
Sampainya di desa nelayan poto tano, gw langasung ke rumah pak Najib, numpang mandi dan pas banget ada yang jual gorengan hangat, nyess banget rasanya menikmati gorengan hangat dengan suasana desa yang ramah. Kita pun bercengkarama dengan warga terutama anak-anak, indah sekali suasana ini. Setelah semua selesai mandi, kita packing dan pamit pada pak Najib untuk melanjutkan perjalanan ke Malluk.
Makan gorengan dan berbaur dengan warga