Rabu, 18 Februari 2015

Madura, Selalu ada Kisah di setiap Perjalanan

Perjalanan ke Madura ini dilakukan setelah dari Ijen, bener-bener super trip kali ini. Kekuatan fisik sangat di uji, setelah semalaman muncak ke Ijen dan sekarang lanjut ke Madura. Kenapa Madura? kalo gw pribadi sih gara-gara ada si Fahmi di sana. Eh gak juga sih, gara-gara ada bebek sinjay haha. Gw ngidam sinjay dari 1 tahun yang lalu, kebayangkan anak gw ileran kaya apa gara-gara keburu berojol sebelum bapaknya sempet makan bebek sinjay.
Sebenernya ada sebuah konspirasi antara gw sama si Topik tentang Madura ini, gw sama Topik maunya turun dari ijen ke Banyuwangi aja, secara banyak banget wisata yang bisa di kunjungi di sana, Tinae pun demikian dia browsing-browsing tanya mbah google apa aja yang ada di Banyuwangi, dan gw sama Topik ambil opsi turun ijen cuss ke Banyuwangi. Tapi gw mikir-mikir apa kabar Fahmi? dia wanti-wanti harus ke Madura, terus gw rempukan lagi sama Topik dan hasilnya Madura ayyeem cooming.........
Air Terjun Toroan
Waktu menunjukan pukul 19.00 saat gw dan yang lainnya ( Tari, Topik, Tinae, Rizka, Kiki, Mas Bram dan Eva ) sampe di Terminal Bungurasih Surabaya. Dengan pede nya kita langsung naik ke bis patas dengan tulisan Madura. Celakanya bis itu gak lewat jalan yang kita tuju, alhasil kita harus turun dan naik bis sebelah yang kondisinya memprihatinkan, gak ada AC dan lumayan kotor. Alih-alih mau nyaman malah dapet zoonk. Apes deh gw, mana mahal lagi ongkosnya 20.000
Setelah ngetem yang gak ketulungan lamanya, akhirnya bis jalan merambat pelan-pelan kaya spiderman lagi pake kebaya, leletnya ampun-ampun. Eva sampe kesel setengah mati. Gw baca pikiran Eva nih yah, sepertinya dia pengen merangsek maju, terus dia tendang sopirnya sampe terjungkal dari bis dan dia yang jadi sopirnya, kebayang gak sih Eva nyetir bis? Kayaknya horor banget, kalo itu sampe terjadi gw milih melipir turun tampan dari bis haha.
Setelah memasuki gerbang tol jembatan Suramadu, bis melaju dengan kencang. Pemandangan kerlap kerlip lampu jembatan sangat indah dan mempesona. Tadinya gw pengen turun buat foto selfie di jembatan tapi gw urungkan, karena gw takut di kejar satpol PP. 30 menit kemudian kita turun di pertigaan tangkel, gw jalan dengan gontai capek banget deh sumpah. Tiba-tiba ada sesosok makhluk yang mendekat, memakai sarung dan kopiah putih seperti melayang. Semakin dekat dan dekat daaaaaaaaan ternyata Fahmi. Padahal gw dah siapin jurus kalo-kalo yang dateng itu perampok bawa celurit Madura.
Rute keliling Madura
Selanjutnya perjalanan ke rumah Fahmi di lanjutkan dengan naik panther, posisinya 4 di belakang 4 di tengah 2 di depan di tambah tas carier dan tas-tas lain nya yang bejubel, kebayangkan? Gak usah di bayangin juga sih bisa-bisa mual nanti. Perjalanan satu jam yang sangat-sangat menyiksa karena badan gw di gempet mampus, perut gw yg sixpack berubah jadi buncit karena dorongan dari samping, gw shock dan terguncang. Sampe di bangkalan desa sepuluh namanya, mungkin dulu rumahnya cma ada sepuluh, atau mungkin dulu ada pendekar kembar sepuluh, entahlah yang jelas gw pengen rebah, capek banget badan. Pembagian tempat di mulai cewek-cewek di rumah Eva dan yang cowok di rumah Fahmi. Ga enak sebenarnya bertamu malem-malem, udah jam 23.00 cuyy, dan pintu gerbang di gembok. Fahmi teriak-teriak gak mempan, dan pake lah hp Topik buat telpon soalnya pulsa Fahmi abis katnya (-_-).
Hampir aja gw lompatin tuh pager sebelum muncul seorang cewek bawa kunci buat buka pintu pager. Pengen sungkem gw tadinya atau cipika cipiki buat ngucapin terimakasih karena sudah di bukakan pintu hehe. Sampe di kamar, ya ampuuuunnn sumpah rasanya pengen banget gw langsung tidur saking capeknya, tapi gw lupa kalo belum solat isa dan ngobrol-ngobrol dulu sama Fahmi, ga enak juga kalo langsung tidur, manusia hanya bisa berencana tapi Tuhan yang menentukan, gw dah ga kuat lagi pengen tidur jadi gw pamit sama Fahmi buat tidur duluan. Sialnya begitu masuk kamar Topik sama Mas Bram sudah tidur duluan, bukaaan, bukan masalah tidurnya tapi ngoroknya itu loh kenceng banget, pengen banget gw iket mreka berdua terus gw kurung di kamar mandi, tapi kasian juga. Gw gak bisa tidur denger ngorok mereka yang saling bersautan, nasib gw apes banget.
Eksis di Air Terjun Toroan
Paginya jam 05.30 gw bangun, sementara yang lain masih pada tidur, semalem gw sempet beberapa kali kebangun gara-gara suara ngorok mereka dan suara gigi Fahmi yang horor banget. Setengah jam kemudian Fahmi bangun di susul dengan Topik dan terakhir Mas Bram, pagi itu di isi dengan sarapan dan bincang santai, . Jam 09.00 Eva sudah menjemput kita dengan mobilnya, lumayan di Madura gak keluar duit buat nyewa mobil, gratis punya Eva hehe. Destiansi pertama yang akan kita kunjungi adalah Air terjun Toroan atau Topik memberi nama air terjun Mba Lynda, soalnya Mba Lynda udah poto disini duluan dan Topik ngiri.
Jalan menuju air terjun Toroan lumayan bagus, walau ada bebrapa bagian yang berlubang dan hancur, harus bener-bener yang berpengalaman sama jalan ini yang bawa mobil dan pastinya Eva. Kalo sampe Tari yang bawa mobilnya gw mending turun deh, cukup pas pulang dari Ijen ka Paiton aja gw komat kamit doa supaya selamet. Tari bawa mobil, gw brasa naik halilintar di Dufan, sumpah horor banget. satu jam selanjutnya kita sudah sampai di air terjun, jalan dikit sih turun menuju laut, yaaa uniknya air terjun ini adalah airnya langsung bermuara ke laut jadi nyatu gtu, lumayan keren tapi airnya keruh. Jalan untuk mendekat ke air terjun harus berhati-hati, soalnya harus lewat karang-karang yang tajam dan juga licin. Setelah puas foto-foto kita langsung kembali ke mobil, sialnya kita suruh bayar parkir 20.000. gilak meeen mahal bener padahal di jagain juga kagak tuh mobil. Oh iya masuk ke kawasan air terjun Toroan gartis, ga bayar betulan, dan dari pada ribut-ribut kita kasih aja deh duitnya walau hati mah ngedumel gak ikhlas. Dari pada celurit Madura melayang ya kan.
Narsis dikit hehe
Rute selanjutnya adalah ke Sumenep, sebelumnya kita mampir dulu ke pantai, pantainya bagus garis pantainya panjang, cuma gw ga minat siang bolong ke pantai, jadi di pinggiran parkiran aja beli makan siang dan kelapa muda. Perjalanan ke Sumenep pun jauh ternyata, kaki gw kemeng sumpah duduk di belakang di gencet Topik sama Fahmi. Makanya begitu sampe gw milih langsung turun buat lurusin badan. Di Sumenep kita ke sebuah museum kerajaan Sumenep, biaya masuknya 3.000. karena hujan kita di pinjamkan payung langsung keliling meseum. Seperti museum kebanyakan isinya peninggalan-peninggalan kerajaan, karena di Sumenep ya pasti kerajaan Sumenep lah gak mungkin jadi kerajaan kutai. Puas keliling museum ternyata ada yang baca kalo di museum ada pohon yang ada titit nya, tiiiiiiiiiit #sensor. Tau siapa yang paling semangat? Pasti Topik juaranya sampe ngorek-ngorek  padahal titit pasti ngegantung, ga bakal jatoh ke tanah #ooppsss. setelah puas ngeliat titit kita ke warung kikil, warung Adnan namnya. Letaknya di depan museum ada gang dan di situ ada tulisan soto kikil, masuk aja tar nemu kok, kalo nyasar teriak aja terus pasti ada yang nyamperin kan, nah baru deh tanya yang jual kikil di mana #abaikan. Gw suruh Tinae pesen soto kikil sedangkan gw pilih babat, kan pikir gw bisa saling minta jadinya. Porsinya itu loh kaya orang mau rapel makan pagi siang malem, banyak bener. Proses bayar ini yang bikin gw ketawa, ternyata harga seporsi kiki mahal boo 27.500 sedangkan babat cuma 12.500. Spontan Tinae protes, kan gw yang nyuruh dia buat beli kikil haha. Ujung-ujungnya gw makan babat bayarnya kikil #apes.
Salah satu sudut Museum di Pamekasan
Lanjut perjalanan ke Pamekasan mau liat api abadi, nyampe Pamekasan magrib. Solat di masjid deket Alun-alun, perjalanan Sumenep – Pamekasan 1,5 jam. Selesai solat langsung lanjut perjalanan. Katanya sih deket aja tinggal belok kanan, terus 15 menit kemudian nyampe, tapi perasaan gw kok jadi gak enak, udah jalan hampir 1 jam gak nyampe-nyampe, dan tau kenapa??? ternya kita balik lagi ke Sumenep. Keren kan? #pingsan. Saat itu gw pengen banget pura-pura pingsan terus pas bangun gw dan ada di rumah Eva, gilaaak nyasarnya itu loh ga ketulungan jauh banget ampe balik lagi Sumenep. Mobil langsung puter balik. Nyampe Pamekasan langsung ke Api Abadi, dan bakar jagung. Api tak kunjung padam nama lainnya, api ini muncul dari gas alam yang ada di sana dan terus aja nyala, sampe kapan? sampe gasnya abis, kalo abis? beli lagi sama pertamina #abaikan. Gak lama sih di sini kita langsung pergi, udah malem banget soalnya, nyampe rumah Eva jam 23.00. Oh iya Mas Bram ulang tahun hari ini, jadinya petualangan satu hari keliling Madura di tutup dengan tiup lilin oleh mas Bram. Adegan selanjutnya sama kayak malam sebelumnya, Mas Bram dan Topik ngorok saling bersautan sementara Fahmi sibuk bunyiin giginya saat tidur.
Api tak kunjung padam, Sumenep
Besok paginya setelah packing kita berangkat menuju warung Bebek Sinjay. Yuuhh inilah yang paling gw tunggu-tunggu. Udah gak sabar banget gw pengen cepet nyampe. Tapi begitu nyampe kepala gw langsung pusing, ruame pake banget, antrian nya kaya mau masuk nonton konser. Nunggunya lama loh ampe gw ngusir orang biar kursi yang bakal kita tempatin gak di pake, walau pada akhirnya gw pun harus pindah tempat duduk, tau gitu gw biarin aja orang-orang duduk gak gw usir. Ternyata yang di bilang orang gak bohong kalo Bebek Sinjay ini Uenak banget, gurih dan pedasnya nyatu banget, dan tau apa yang makin buat enak? Yak karena gratiiiis kan masih edisi Mas Bram ulang tahun haha. Kenyang? belum sih maunya gw nambah dua porsi lagi tapi males banget kalo harus antri lagi.
Bebek Sinjay yang melegenda
 Akhirnya lanjut perjalanan ke Surabaya, berhentilah mobil di tengah-tengah jemabtan Suramadu untuk foto-foto padahal banyak CCTV, dan kita cuek aja haha.
Di Surabaya kita mampir ke Monumen Kapal Selam, ngapain di sana?, jangan di tanya karena jawabnya pasti bikin rusuh haha.
Adegan selanjutnya adalah perpisahan, Tinae di antar ke Stasiun, Tari, Mas Bram, Rizka, Kiki ke Terminal, gw sama Topik ke Bandara, Fahmi sama Eva yang nganter haha. Bakal kangen sama kalian semua, terimakasih sudah memberikan cerita lain dalam pengalaman hidupku. Samapai jumpa semoga bisa trip bareng lagi.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar